Dede “Manusia Pohon” Indonesia

foto-edit.jpg

Dede, seorang nelayan mengalami luka gores saat masih remaja. Anehnya, setelah itu beberapa bagian tumbuhnya ditumbuhi sejenis kutil menyerupai akar pohon.

Kondisi Dede (35 tahun), seorang nelayan, sungguh sangat mencengangkan para ahli medis ketika melihat kutil-kutil seperti “akar pohon” tumbuh di lengan dan kakinya. Menurutnya, keadaan bagian tubuhnya itu mulai terjadi perubahan setelah lututnya tergores semasa remaja dulu.

Karena kelainan pertumbuhan fisik, Dede tidak mampu menjalani tugas-tugas seharian. Tragisnya, dalam kondisi miskin karena tak bisa bekerja dengan baik, ia ditinggalkan istrinya. Dede lalu terpaksa membesarkan dua anaknya yang kini berusia belasan tahun. “Saya hanya bisa pasrah dengan takdir ini. Apalagi para dokter yang memeriksa saya, tidak sanggup mengobati penyakit saya,” katanya. Untuk menafkahi keluarganya, dia bergabung dengan hiburan keliling “Pertunjukan Mengerikan” bersama para penyandang penyakit aneh lainnya.

Namun, kepasrahan hatinya itu, ternyata berbuah pengharapan bagi kesembuhan penyakitnya. Seorang pakar dermatologi asal Amerika yang terbang menuju tempat tinggal Dede di selatan Jakarta mengungkapkan, telah mengidentifikasi penyakitnya.

Usai memeriksa sample luka dan darah Dede, Dr Anthony Gaspari dari Universitas Maryland menyimpulkan penyakit yang dideritanya itu disebabkan sebuah virus diberinama human papilloma virus (HPV). Pada umumnya, virus ini menyebabkan terjadi infeksi sehingga kutil-kutil kecil tersebut berkembang pada tubuh si penderita.

edit-foto2.jpg

Masalah yang dialami Dede, menurut Gaspari, ia hanya memiliki sifat genetik yang langka sehingga menghalangi sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, virus tersebut menguasai “mesin seluler” sel-sel kulitnya sehingga terbentuklah kutil-kutil aneh dalam jumlah besar yang tumbuh seperti pohon di tangan dan kakinya.

“Jumlah sel darah putih pada diri Dede pun sangat rendah. Saya semula mengira dia mengidap virus AIDS. Namun sejumlah tes menunjukkan dirinya tidak mengidap virus tersebut sehingga memperjelas kesimpulan bahwa kondisi Dede adalah sesuatu yang langka dan lebih misterius,” katanya.

Di luar dari penyakit anehnya, Dede menjalani kehidupannya dengan sehat tidak seperti penderita lain yang mengalami gangguan dengan sistem kekebalan tubuh dan baik orang tuanya maupun saudara-saudaranya tidak ada seorang pun yang menderita kelainan seperti itu. “Kondisi seperti dia ini diperkirakan kurang dari satu dalam sejuta orang,” ujar Gaspari.

Gaspari yang terlibat dalam kasus ini melalui Discovery Channel merasa yakin bahwa kondisi Dede bisa disembuhkan dengan mendapatkan sintetis vitamin A setiap harinya yang bisa menahan pertumbuhan kutil-kutil tersebut.

“Dia tidak akan memiliki tubuh yang normal dan sempurna, tapi setidaknya ukuran kutil di tubuhnya bisa berkurang dan dia bisa menggunakan tangannya. Selang tiga hingga enam bulan, kutil-kutil tersebut akan menjadi kecil dan jumlahnya kian berkurang. Dia akan menjalani kehidupannya lebih normal lagi,” jelas Gaspari.

edit-foto-3.jpg

Dr Gaspari berharap dia bisa mendapatkan obat-obatan gratis dari sejumlah perusahaan farmasi. Obat-obatan tersebut akan diurus sejumlah dokter Indonesia di bawah pengawasannya. Untuk pemeriksaan lebih lanjut terhadap penyakit langka Dede, dokter ini berniat akan membawanya ke Amerika, namun terganjal hambatan birokrasi dan finansial. THE TELEGRAPH

 

 

 

67 thoughts on “Dede “Manusia Pohon” Indonesia

  1. boleh juga tuh ide org amrik, uji coba obat, sambil belajar. bawa deh ke amrik…. daripada di indonesia gak ada yang mau ngobati, gak ada yang mau berfikir pada cuek2 bebek.

  2. G’Luck ya. . .
    Moga cepet semboh
    So don’t forget say thx to Jesus
    Buat Indonesia Payahhhhh bgt….

  3. Terus sampe hari ni gmn perkembangannya Broo?Pa udah ada hasil yang memuaskan?.
    Moga cpt sembuh

  4. Moga cepet sembuh seperti sedia kala , harusnya kita (indonesia) malu , kok orang lain lebih perduli dengan bangsa kita …………….
    Th’x To Jesus the gread God

  5. SABAR AJA ISTRIMU MEMANG GILA KOK ! SEMOGA BERHASIL YA UNTUK MENDAPAT PEKERJAAN YG SEHARUSNYA ANDA MILIKI . GOOD LECK !!!

  6. cepet sembuh De…mau disini apa di amrik pokonya sembuh…kalo di indo enggak mampu ,kenapa malu buat dibawa ke negara lain…

  7. bwt dede sabar aja semua kejadian pasti ada hikmahx n’ bwt dokter indonesia payah padahal keadaan di indonesia sediri aja gk peduli cba liat orang USA mreka aja pduli apa gak mlu? yah moga2 aja dede sembuh n’ bisa ngejalanin hidup sperti sedia kala…………………………….. AMIEN

  8. Yang lebih spesifik tu tanda – tanda dari virus HPV itu apa?? semoga cepet sembuh. selalu berdoa n beribadah pada ALLAH SWT pasti diberi jalan.

  9. memang penyakit anda tu sangat langka……..
    tapi u harus bersyukur jga, karna u bs terkenal karena itu,
    gmna u setuju ngk?

  10. Smua kt kembalikan kpd Tuhan YME.smua yg terjadi didunia ini adalah kehendakNYA.mudahan dibalik ini smua ini dede mendapatkan hikmah&rahmat Allah SWT.Thank to Dr.Gaspari.I hope you be Idol for indonesian doctor.

  11. ONDEH…mandeh…untung aja waktu muda ndak tergores laba-laba,kan bisa jadi spiderman…tapi aku berdoa mudah-mudahan ja penyakit itu bisa sembuh

  12. kecewa bnngdd sama para dokter kita gak mo peduli sesamanya,,,

    dokter indonesia punya komitmen : ” ada duit ada obat ada duit saya rawat”…

    tolong deh sadar ..

  13. buat dede sabar ea berdoa aja allah maha adil dan segalanya…

    ceppeett sembuhh and thanks buat Dr.Anthony gaspari from USA,,,,

    kecewa sama dokter dalam negeri yg gak peduli sesama contohnya “dede”

  14. Bwt mas Dede,, ttp smngt y ngjlmi hdpnya… Tuhan Pste bls smwnya dg Kebaikan Dikhr nanti,… Amin(insya Allah)

  15. ini merupakan cobaan manusia,tapi ingatlah akan 1 hal allah tidak akan memberikan cobaan,di luar kemampuan manusia.mwnangni hal itu

  16. 祈る..保つ神の睡眠ではありません。そこには多くの人々に祈るもあります。私はあなた方が良いことを願って。

  17. Moga pet smbuh ya ka’.
    Knp km hrs ngrasa tamu d negara sendiri,
    Knp hrs org dari negara luar yg perduli sm km,
    Ak sdih ngliat org2 pintar d indonesia, hatinya jrng terketuk.

  18. bpk…..
    yang tabah ya….!
    moga cepat sembuh,,jgn putus asa…
    SMANGAT……

  19. Hmmhm …
    yang sabar ya pak dede ..
    yakin bahwa segala seuatu itu ada hikmahnya .. jadi banyak yang bersyukur dgn dirinya setelah melihat bapak ..
    Allah akan selalu bersama orang2 yang sabar ..

  20. Hmmhm …
    yang sabar ya pak dede ..
    yakin bahwa segala sesuatu itu ada hikmahnya .. jadi banyak yang bersyukur dgn dirinya setelah melihat bapak ..
    Allah akan selalu bersama orang2 yang sabar ..

  21. semoga cepat sembuh ya mas dede’trus diberi ketabahan dalam menghadapi cobaan ini amin……………

  22. kita ini milik alloh apapun yang dia berikan kepada kita itu adalah kehendaknya …
    alloh itu maha adil , dan maha bijaksana semoga di akhirat kelak
    kebahgyaan menanti mu sara ..

  23. mana ya indonesia… yang katanya rasa soliaritasnya tinggi???????
    melihat seperti ini saja tak ada yang mau untuk mengobatkan si PENDERITA…. indonesia!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    dimana rasa belasmu????????????????

    di mana rasa kasihmu pada sesama????????????????????????

  24. sabar yach….tu cobaan dr Tuhan,smua tu psti da hkmahnya
    syukuri apa yang ada hidup adalah anugerah
    tetap jalani hidup ini melakukan yang terbaek
    tuhan pasti kan menunjukan kebesaran dan kuasanya…
    bagi hambanya yang sabar
    dan takpernah ptus asa..

  25. sabar yach….tu cobaan dr Tuhan,smua tu psti da hkmahnya
    syukuri apa yang ada hidup adalah anugerah
    tetap jalani hidup ini melakukan yang terbaek
    tuhan pasti kan menunjukan kebesaran dan kuasanya…
    bagi hambanya yang sabar
    dan takpernah ptus asa..

  26. semoga cepet sembuh yaa pa dede….
    kmn nii “DOKTER-DOKTER INDONESIA”
    halloouuwwww……..ga ada yg mw bantu apa yaa?????huuhhh…PARAHHHHHH bgtttt
    sabar ajj yaaa pa dede
    God Bless You always…..

  27. Semoga pak Dede bisa cepat sembuh y…
    selalu d beri kesabaran sama Allah dan kesembuhan juga tentunya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s