Uji Coba Espresso

espresso-by-omerta-kaffeehauschenSETELAH beberapa kali uji coba, akhirnya penampilan espresso yang diinginkan kudapat juga. Pagi tadi, aku coba bereksperimen dengan kopi yang lain setelah sebelumnya menggunakan Kopi Sidikalang dengan gilingan halus.

Sempat khawatir lagi akan gagal, ternyata espresso dengan menggunakan Kopi Mandheling yang digiling agak lebih kasar dari kopi sebelumnya cukup berhasil dari segi penampilannya.

Crema yang diidamkan cukup tegas. Warnanya keemasan dan cukup tebal. Buih khas espresso itu juga mampu bertahan lama di dalam cangkir yang aku gunakan.

Hanya saja, masih penilaian pribadi, rasa espresso ini masih terlalu pahit. Sepertinya waktu ekstraksi kelamaan dari waktu ideal 25-30 detik untuk one shoot espresso. Soal ini sepertinya tidak terlalu susah, uji coba berikutnya tinggal menggunakan timer saja.

Itu masih penilaian pribadi. Bisa saja lidahku juga salah🙂 Berikutnya nanti espresso ini coba disajikan untuk disesap orang lain. Bagaimana penilaian mereka? Tunggu saja.

2 thoughts on “Uji Coba Espresso

  1. Hahahaha… espresso makernya kan mau dikirim ke kedai. Sebelum masuk kedai yang dioprekin dulu di rumah bro🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s