Hasangapon Minta Perhatian

Hasangapon, Series II tahun 1961SABAN pagi, sekitar 5-10 menit, aku gunakan waktu untuk memanaskan mesin si Hasangapon, Land Rover Series II keluaran tahun 1961. Mobil ini memang sangat jarang sekali dibawa jalan, karenanya paling ngga harus dipanaskan mesinnya biar aliran-aliran minyak pelumasnya tidak mengalami penyumbatan.

Biasanya, sambil mesin dipanaskan, sekujur tubuh si Hasangapon aku bersihkan pakai kemoceng. Maklum saja, dia sepanjang hari dalam malam terparkir di bawah langit bebas. Itu pastinya akan membuat debu-debu betah menempel.

atap hasangaponSambil membersihkan pakai kemoceng itu lah terlihat kalau tubuh si Hasangapon sudah tidak semulus dulu lagi. Cat nya sudah mulai buram. Malah, di sana-sini sebagian cat sudah retak dan mengelupas. Apalagi di bagian atap tropical roof nya. Lapisan dempulnya hampir mengelupas rata. Plat aluminiumnya sudah terlihat di beberapa sisi atap.

Tapi, urusan cat ini sebenarnya tidak terlalu ribet. Sekali ada waktu, tinggal dipoles sedikit warna cat biasanya akan kembali kinclong.

IMG01023-20130412-0757Yang penting adalah menjaga mesin, persneling, suspensi, dan kaki-kaki mobil secara keseluruhan. Syukurnya, di bagian yang itu tadi, Hasangapon masih bisa diandalkan. Hanya saja memang tahu diri tetap diperlukan. Bagaimana pun, dia sudah semakin uzur.

Belum lama ini rem nya tak berfungsi alias blong. Periksa punya periksa, ternyata minyak rem bocor di bagian master bawah roda belakangan sebelah kanan yang ada di dalam teromol itu. Di bengkel, setelah dibongkar, baru ketahuan ternyata oli seal nya sudah rusak. Selebihnya masih bagus. Setelah diganti, fungsi rem baru kembali berjalan bagus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s