Cicipi Burger Negeri Tetangga

ImageKALAU Anda penyuka burger, terutama dari jenis street burger – yang dibuat dan disajikan di gerobak kaki lima – rasanya Anda harus mencoba burger kaki lima ala Malaysia. Rasanya, hampir di setiap kota besar di Malaysia burger kaki lima nya terasa enak di lidah.

Saya sudah mencoba burger di Penang, Kuala Lumpur, dan Melaka dalam suatu kesempatan saat berkunjung ke sana, dan di ketiga bandaraya (kota besar) itu burger kaki lima nya selalu membuat ketagihan. Selain rasa yang enak, porsi yang cukup besar, harga burger di sana juga cukup murah, di harga Rp 7.500 an saja.

Di ketiga kota itu, penjual burgernya tentu saja berbeda-beda. Namun, soal rasa, penjual burger di tiga tempat itu bisa diandalkan.

Saya lupa nama gerobak burger di Kuala Lumpur dan di Melaka. Tapi kalau di Penang, saya masih ingat nama penjualnya, kebetulan gerobak burger yang membuka lapak tak jauh dari Komtar ini sempat saya jepret dengan kamera ponsel.

Di Penang, nama burgernya Rahim. Gerobaknya bersih berlapis plat stainless steel. Desain gerobaknya biasa-biasa saja, namun penggunaan material stainless steel membuat tampilannya menjadi sedikit eye catching. Saya bersama istri saya singgah di gerobak burger ini secara tak sengaja.

Saat itu kami baru pulang dari Penang Hill dengan menggunakan bus umum dengan rute Penang Hill dan berakhir di Komtar. Saat menunggu bus jurusan ke arah hotel tempat kami menginap di Jalan Penang, kami melihat gerobak burger Rahim. Kebetulan, perut agak lapar karena perjalanan yang lumayan panjang hari itu. Akhirnya kami pun singgah di gerobak penjual burger ini dan memesan dua porsi.

Niatnya, burger mau dibawa pulang ke hotel. Tapi karena kelamaan menunggu bus yang menuju ke Jalan Penang, iseng satu potong burger kami makan berdua.

Gigitan pertama…

Hmmmm… burger ini terasa berbeda dari burger kaki lima yang ada di Medan. Bahkan, rasanya mengalahkan Mega Burger yang ada di Medan.

Gigitan kedua… hmmmm… gabungan rasa antara roti, daging sapi, sayuran, saos, dan mayonais nya menjadi sensasi sendiri di lidah. Susah untuk menjelaskan rasanya, tapi saat dagingnya tergigit, saos dan mayonaisnya juga seketika melumer. Perpaduan antara ketiganya ini menciptakan rasa luar biasa. Membuat kunyahan serasa dua kali lebih cepat dari biasa.

Gigitan ketiga, keempat dan seterusnya… Hmmm… karena berbagi, potongan burger itu lenyap seketika. Setelahnya, hotdog menjadi sasaran berikutnya. Cita rasanya hampir mirip dengan burger tadi, hanya saja beda di penyajian.

ESOK malamnya, giliran penjual burger tak jauh dari Hotel Peking tempat kami menginap. Gerobak burger yang satu ini menyempil di sebelah kiri klub SOHO yang terkenal di Penang itu. Letaknya tak jauh dari penjual sop torpedo kambing yang tak kalah tenar, Hameed.

Sembari makan sop torpedo kambing Hameed, kami kembali memesan dua porsi burger untuk dibawa ke kamar hotel. Harganya tak jauh berbeda dengan Burger Rahim, di antara Rp 6.000 hingga Rp 10.000 an. Tapi soal rasa, kami berdua sepakat kalau burger Rahim masih lebih enak.

Di Kuala Lumpur, kami sempat mencoba burger yang membuka gerai di kawasan Bukit Bintang, tepatnya di satu jalan kecil tak jauh dari Sungei Wang Plaza. Gerobak penjual burger ini bersebelahan dengan satu toko penjual apparel ala militer yang menggunakan mobil Land Rover sebagai penunjang eksteriornya. Biar tak payah, lihat saja mana toko yang memajang Land Rover yang seolah-olah menabrak dinding di depannya. Nah, penjual burger itu berada di dekat-dekat situ.

Sayangnya, saat kami beli burger di sini sudah sangat malam. Tak banyak lagi pilihan rasa dan daging karena sudah keburu habis. Akhirnya kami memesan apa yang tersisa saja. Begitu pun, lagi-lagi rasanya tak mengecewakan. Tetap saja sedap di mulut.

KALAU di Melaka, saya pernah menikmati burger yang berjualan tak jauh dari Hotel Avillion Legacy Melaka di Jalan Hang Tuah, Melaka tempat kami menginap. Burger di sini juga cukup enak. Porsinya dijamin mengenyangkan untuk dinikmati sendiri.

Soal harga, ah… murah meriah lah.

Nah, kalau Anda penyuka burger kaki lima dan suatu saat sedang berada di Malaysia, boleh lah dicoba cita rasa burger mereka ini.