Jelajah Alam Tapsel, Jeep Jamboree Juara Umum

Jeep Jamboree Medan tampil menjadi Juara Umum dan Juara 1 up kelas 2.500 cc pada event Offroad Jelajah Alam Tapsel 2009. Dengan kemenangan ini, Jeep Jamboree Medan berhak membawa pulang 1 unit Suzuki Jimny besutan tahun 85 dan 1 Yamaha Vega.

Ponco, starter nomor 46 dari Jeep Jamboree Medan, menjuarai kelas up 2.500cc pada event offroad Jelajah Alam Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan yang diadakan pada Jumat-Minggu (20-22/11) kemarin. Ponco berturut-turut diikuti Toni Harahap (no start 18) asal klub Blue White, Riau dan Agung (no start 17), juga asal Blue White, Riau.

Tim Jeep Jamboree Medan sendiri menurunkan delapan unit jip yang merupakan gabungan offroader dari Pengda Ikatan Motor Indonesia (IMI) dengan Indonesian Offroad Federation (IOF) Komda Sumut dalam event ini.

Jelajah alam kali ini diikuti 33 peserta asal SOC Tapsel, Exalga Padang Sidempuan, Jeep Jamboree Tapsel, Jeep Jamboree Medan, Blue White Riau, Pasaman Offroad, dan beberapa klub lain dari Jambi, Padang dan Pekanbaru.

Adapun rute jelajah alam, dimulai dari Kecamatan Angkola Timur hingga ke sirkuit buatan pertapakan Kantor Bupati Tapsel di Sipirok, pelaksanaan kegiatan ini sepenuhnya dilaksanakan atas kerjasama Jeep Jamboree Padang Sidempuan-Tapsel dengan Komisariat Cabang (Komcab) IOF Tapsel-Padang Sidempuan dengan klasifikasi kendaraan berpenggerak empat roda (4WD).

Jumat (20/11) lalu, seluruh peserta diwajibkan mengikuti briefing dan scrutineering.

Kontributor kami, Adeck Firamadhani, yang juga anggota tim Jeep Jamboree Medan mengatakan, tepat pada pukul 17.00 WIB, hari Jumat lalu, seluruh peserta dilepas untuk melintasi Country Road (CR) yang melalui 6 pos waktu. Peserta yang dapat melalui pos waktu dengan lengkap akan mendapatkan deposit point. “Lintasan CR ini sangat beragam, seperti berbatuan, lumpur, menaiki bukit dan tanjakan curam,” tulis Adeck dalam laporannya.

Panitia menyediakan waktu tempuh selama 14 jam untuk “menghabiskan” country road yang start dari Simirik dan finish di Desa Sialaman ini. Pada Sabtu, peserta diberikan sajian 3 special competition state (SCS) dan Minggu 2 SCS.

Pertarungan antar offroader sendiri berlangsung ketat. Di tengah panasnya terik matahari di lintasan offroad, tim Jeep Jamboree sempat menduduki posisi runner up di hari kedua (SCS).

Sementara itu, warga Tapsel terlihat antusias untuk menyaksikan event yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dalam rangka menyambut HUT Pemkab Tapanuli Selatan ke-59 yang mengambil rute wilayah Kecamatan Angkola Timur sampai Kecamatan Sipirok.

Sebelumnya, Bupati Tapsel Ongku P Hasibuan didampingi Ketua Pengda Indonesian Offroad Federation (IOF) Sumut Isfan Fahruddin Daulay, dan Ketua Pengcab IOF Tapsel-P. Sidempuan Maragunung, melepas peserta dari halaman kantor bupati.

Ongku mengharapkan Jelajah Alam ini dijadikan agenda rutin dan kalender tahunan Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk mendukung perkembangan dunia otomotif Tapsel yang memiliki kondisi alam cukup menantang. Tapsel sudah empat kali melaksanakan lomba Jelajah Alam dan tinggal selangkah lagi untuk dijadikan agenda nasional.

Peserta dengan total waktu terbaik dan point tertinggi dari country road dan kelima SCS ini berhak menjadi juara umum dan memenangkan 1 unit Suzuki Jimny 85. Sedangkan juara Kelas (up dan below 2.500 cc) mendapatkan 1 unit Yamaha Vega, juara 2 mendapatkan Winch dan uang pembinaan dan juara 3 mendapatkan Lift Jack dan uang pembinaan.

Result Lengkap:

Kelas A di atas 2.500 cc

Juara I, Fachry Ananda (No 44), poin 740, Tim SOC PUD Tapsel
Juara II, Sahwan Khan (No 20), poin 724, Tim SOC PUD Tapsel
Juara III, Doni (No 32), poin 709, Tim Pasaman Barat.

Kelas B di bawah 2.500 cc

Juara I, Ponco (No 46), poin 771, Tim Jeep Jamboree B, sekaligus Juara Umum

Juara II, Toni Harahap (No 18), poin 756, Tim Blue White
Juara III, Agung (No 17), poin 731, Tim Blue White

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s