Honda Tarik Accord dan Civic, Medan Aman

2009-honda-accord_tourerKarena airbag bermasalah dan bisa membahayakan penggunanya, Honda Motor Co. menarik kembali (recall) 444.000 unit Accord dan Civic yang dipasarkan di Amerika Serikat (AS). Bagaimana dengan di Medan?

Komisi keselamatan jalan raya Amerika Serikat (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA) dalam situs resminya mengatakan, Honda dan Takata Corp., supplier airbag harus mengevaluasi kualitas dan daya tahan airbag tersebut. Rekomendasi ini merupakan kesimpulan NHTSA atas investigasinya sejak 2 November lalu.

Pihak Honda membantah tudingan “cacat” pada airbag Accord dan Civic ini. “Sejumlah unit yang direcall merupakan ‘cacat’ kecil yang terdapat pada airbag. Hal ini membutuhkan laporan resmi dari konsumen,” ujar juru bicara Honda, Chris Martin.

Sebelumnya Honda melakukan recall besar-besaran November 2008 lalu, yaitu 3.940 unit Accord dan Civic yang diproduksi tahun 2001 silam. Juli lalu, Honda juga melakukan recall pada beberapa unit Accord dan Acura.

Bagaimana dengan produk Honda Accord dan Civic di Indonesia, dan Medan khususnya?

Soni, Branch Manager Honda Arista SM Raja Medan, mengatakan belum mendapatkan konfirmasi dari PT Honda Prospect Motor, selaku pemegang merk Honda di Indonesia. “Kami belum mendapatkan konfirmasi dari HPM,” ujar Soni.

Namun, kata Soni, para pemilik Honda tidak perlu khawatir, biasanya karena produksi atau perakitan unit tersebar di beberapa belahan dunia (demi penghematan cost) maka supplier masing-masing negara produksi juga berbeda. Jika bermasalah di negara lain, belum tentu bermasalah dengan produk di sini.

“Sampai hari ini belum ada customer yang komplain. Menurut saya mungkin hanya di Amerika. Apalagi masalah airbag itu biasanya supplier lokal di sana yang produksi,” jelas Soni. (Foto: int)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s