Akhir Bulan, Pendaftaran CPNS

Pemprovsu dan 31 Pemerintah Kabupaten/kota menetapkan jadwal pelaksanaan penerimaan CPNS pelamar umum formasi tahun 2009 dilakukan secara bersamaan mulai pendaftaran, pelaksanaan ujian hingga pengumuman hasil ujian.

Demikian dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprovsu Arsyad Lubis melalui Kepala Bidang Pengadaan dan Pembinaan, Pandapotan Siregar kepada wartawan, Selasa (20/10) di ruang kerjanya.

Dikatakannya, pendaftaran dilakukan mulai tanggal 30 Oktober sampai dengan 13 November 2009 dan pelaksanaan ujian dilaksanakan secara serentak pada tanggal 25 November 2009 pukul 09.00 WIB. Sedangkan pengumuman hasil ujian pada tanggal 7 Desember 2009.

“Kesepakatan ini diperbuat dan dibubuhi tanda tangan antara pemprovsu, regional VI BKN Medan serta pemerintah kabupaten/kota. Jadi tenggat waktu antara pengumuman dan pendaftaran dan berikutnya berselang dua minggu,” kata Pandapotan.

Untuk pengumuman CPNS akan dilakukan pada kantor instansi pemerintahan masing-masing daerah. Selain itu juga melalui media surat kabar terbitan Medan. Sedangkan untuk pendaftaran dikirim langsung ke kantor pos masing-masing. Sedangkan pengangkatan CPNS terhitung mulai Januari 2010. “Jadi harus diusulkan untuk diumumkan sebelum Januari,” ucapnya. Mengenai pengadaan soal ujian harus bekerja sama dengan perguruan tinggi negeri (PTN), katanya.

Soal Ujian
Sedangkan Pemprovsu soal ujian hingga seleksi hasil ujian akan bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara (USU). Sebaliknya kerja sama pengadaan soal hingga seleksi hasil ujian untuk kabupaten/kota Pemprovsu hanya dapat memberikan sebatas imbauan.

Agar kerja sama dilakukan bersama dengan Pemprovsu, kata Pandapotan. Pengumuman secara resmi untuk formasi dan kualifikasi baik Pemprovsu dan Kabupaten/kota dipastikan pada tanggal 26 Oktober (Senin-red) mendatang.

Pandapotan menambahkan, penentuan formasi dan kualifikasi pendidikan untuk pelamar umum baik teknis dan kesehatan, hingga saat ini belum dapat diturunkan. Pasalnya pemprovsu hingga kabupaten/kota hingga saat ini belum menerima usulan formasi dan kualifikasi dari Menteri Pemberdayaaan Aparatur Negara (Menpan)

Jumlah CPNS yang akan diterima Pemprovsu dan 31 Kabupaten/kota sebanyak 14.080 orang yang sebelumnya berjumlah 14.053 karena ada penambahan untuk Pemprovsu sebanyak 27 orang. Penambahan 27 orang tersebut diberikan kepada atlet berprestasi dan pelatih olah raga, kata pandapotan. (Sumber: Analisa/ Foto: int)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s