Kumpul The Series di Dunia Maya

bedogol-antri-turunKegilaan akan Land Rover tipe Series menyatukan penggemarnya di dunia maya.

Belum empat bulan ini saya berhasil “meminang” satu unit Land Rover short wheel base (SWB) tipe Series II keluaran tahun 1961. Mobil keluaran Solihull Inggris itu saya dapatkan dalam kondisi “seadanya.” Mesin tidak orisinal, sudah berganti mesin Isuzu diesel. Begitupula dengan body-nya, banyak detail yang diubah pemilik sebelumnya.

Ini tentu tidak sesuai dengan selera saya. Saya merasa lebih nyaman melihat Land Rover tampil dalam keadaan orisinal, kalau bisa persis seperti saat keluar dari pabrik. Tapi semua itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh waktu, dana yang tidak sedikit, dan juga referensi yang bisa berasal dari mana saja.

Untunglah, internet menjadi sarana paling mudah, murah, dan paling lengkap untuk mendapatkan informasi aja saja tentang Land Rover itu. Dan dari internet pula, saya berkenalan dengan sesama pemilik dan penggemar Land Rover tipe Series (1948 – 1985) lewat mailing list (milis) landy_series@yahoogroups.com. Saya seperti menemukan oase di padang pasir.

Milis ini dilaunching pertama kalinya pada 30 Juni 2008 oleh Ryco Arnaldo. Kali pertama, anggotanya cuma Ryco, Rudin, Robin, Anton, Tri Nugroho, dan Sugiarto. “Kemudian beberapa teman dekat di Land Rover Club Indonesia (LRCI) dimasukin ke milis ini biar tambah ramai,” kata Ryco. Kini, jumlah anggotanya sudah lebih dari 100 orang.

ryco1Ryco lalu bertutur. Ide pembuatan milis ini berawal dari beberapa teman yang pakai Land Rover Series 2 dan 3 di bumi perkemahan Sukamantri, Bogor saat camping, dan kemudian dilanjutkan dengan offroad di Gunung Sadon-Sentul, pada Mei lalu. Ketika itu, beberapa pengguna Series berkumpul dan tercetuslah ide untuk membikin milis khusus untuk pemilik dan pemakai Series. Pertemuan di Sadon itu lalu menjadi sejarah berdirinya milis ini. Tak lupa ia menjelaskan, pembentukan milis ini bukan dimaksudkan sebagai tandingan dari LRCI. “Kita semua adalah anggota LRCI. Ini buat lucu-lucuan aja biar kalau ngumpul yang nongol itu satu tipe Landy saja,” jelas Ryco.

Begitu dilaunching di internet, pertumbuhan anggotanya sangat pesat. Hanya dalam beberapa pekan, anggotanya mencapai ratusan orang yang berasal dari Jakarta, Bogor, Bandung, Jambi, Pekanbaru, Medan, Kalimantan, dan Pulau Jawa. Anggotanya juga cukup egaliter. “Ada kelompok Oiler yang adalah rekan-rekan yang bekerja di perusahaan minyak Chevron dan beberapa perusahaan minyak terkenal di Indonesia, mereka adalah Tri Nug, Cha Cha Joeling, Josef, dan yang lainnya. Soal status, kami bercampuraduk, ada pegawai instansi pemerintah, swasta, pebisnis, wartawan, dan juga dari militer,” tambah Ryco.

KOPDAR
nedogol-coachingSudah ketemu dan saling kenal di internet, saatnya untuk “kopi darat” alias bertemu untuk mempererat silaturahmi. Pada Juli lalu, untuk kali pertama anak-anak Series berkumpul di Nagrak Cibubur. Ketika itu ada 9 Land Rover berkumpul bersama para Landy man: Ryco, Rudin, Anton, Tama, Arief, Ian, Andy, Sugiarto, dan Mahendra.

Setelah itu, para The Series mulai rajin kumpul untuk offroad dadakan di Borbolang dan Bedogol. Di kawasan ini, tingkat kesulitan trek untuk offroad-nya di level menengah. “Untuk kegiatan rutin, kita sedang mencari format seperti family gathering, fun offroad, dan coaching clinic. Sedangkan bakti sosial baru sekali kita adakan,” kata Ryco lagi.

Dari beberapa kali tour, trek paling seru saat ke Bedogol. Cerita Ryco, saat itu sebanyak 12 Series ikut dalam tour. Salah satu treknya – meski panjangnya cuma 500 meter – memakan waktu 3 jam lebih untuk naik turunnya. Begitu juga dengan di Borbolang, ada satu tanjakan yang pernah memakan korban. Gardan Si Koneng (Land Rover milik Ryco) jebol karena sangkut. Memang medan offroad di sana cukup variatif berupa kebun teh, tapi tanahnya licin dan tanjakannya panjang sekitar 400 meter.

Ke depan, The Series akan memperbanyak kegiatannya dan terus mempersiapkan diri untuk ikut serta dalam event-event baik internal maupun eksternal. Secara perlahan, kata Ryco, event-event itu sebagai persiapan kompetisi nasional selain sebagai penyaluran hobby dan mensejajarkan posisi dengan offroader.

Di milis ini para anggotanya juga bisa mendiskusikan apa saja tentang Land Rover. Mulai dari mesin, kaki-kaki, body, dan solusi tentang mekanisme kendaraan. Juga ada juga kegiatan jual beli Land Rover, saling bantu mencarikan spare part, misalnya per atau karburator, dengan motif saling bantu antara sesama teman. Untuk yang disebutkan terakhir ini, saya sudah mendapatkan manfaatnya. Beberapa kali saya mendapatkan referensi untuk mendapatkan beberapa spare parts untuk Series II milik saya.

Lantas, siapa saja yang bisa bergabung di milis ini? Apakah harus memiliki Land Rover Series? Ternyata tidak. Siapa saja boleh bergabung, asal menunjukkan minat dengan Land Rover. Tertarik bergabung? Silahkan kirim email ke: landy_series@yahoogroups.com.

SANGAT BERMANFAAT
bocah-bocah-navigator

Keberadaan milis ini sangat bermanfaat bagi kami khususnya para penggemar dan pemilik Land Rover. Di sini ada banyak pencinta Land Rover yang paham betul dengan mesin, body, teknis Landy. Malah ada banyak senior offroader yang memiliki banyak pengalaman dengan Land Rover. Jadi kita bisa bertanya apa saja tentang Land Rover, kata Andy yang akrab disapa dengan Andy Bodas atau Pak Sekjen.

Andy sudah bergabung di milis ini sejak didirikan. Ketika itu ia terkena “racun” teman-temannya saat bermain di Gunung Sadon. Saat itu, Andy menjadi navigator Tri Nug. Kadung cinta, ia lalu meminang sebuah Series IIA SWB tahun 1966 di Bandung. Landy itu lalu dicat dengan warna putih dan kelak dinamakan Bodas (berarti putih dalam bahasa Sunda). artikel ini sudah dimuat di Medan Weekly

31 thoughts on “Kumpul The Series di Dunia Maya

  1. saya juga penggemar berat Landy. Di daerah tempatku tinggal, tepatnya diKalibaru-Banyuwangi,JATIM.
    ada terdapat 9 Unit Landy Long Chasis, hebatnya lg salah satu dari Landy tersebut, merk Australia Militer Edition yg dimiliki oleh anggota LRCB yaitu Mas Zueb.

  2. hallo hallo, saya dan kawan dari purwakarta Baratnya Jawa,baru punya landy S3&S2 ingin gabung dg pemilik landy se RI dan minta info kegiatannya, biar biasa ikutan. salam buat pemilik/penyuka landy se Indonesia raya tercinta.

  3. Deny, kau Deny yang eks TRUST apa bukan? Aku Rusli, biasa disapa Uchie, dari Ternate, Timur Indonesia. Ketemu lagi di dunia maya coi………. salam.

  4. SAYA MAU GABUNG DARI JOGJA GIMANA CARANYA, SAYA SUDAH PUNYA LANDY KELUARAN 59 SPERTINYA SERI iiA

  5. Buat mas Anang, H.Hendra Gumelar dan rekan2 lain para pemilik landrover series (khusus pemilik series 1,2,3, lightweight & stageone saja, serta hasil modifikasinya saja yg dapat bergabung disini) yang yang berminat gabung cukup kirim foto landynya dgn subject “Ingin Join” via email ke Ryco: rycphobia@gmail.com, saat ini dia yang menjadi moderator dari milis landy series tersebut diatas.

  6. Sudah lebih 1 thn saya mendapatkan Landy SWB series II(?). kalau lihat BPKBnya sih th 61 ex Dept Pertanian. Saat ini dalam keadaan mati suri. Saya pikir masalahnya ada di karburator dan transmisi. Mohon masukan maupun saran dari para pakar disini. terima kasih.

  7. halo…

    newbie ijin gabung
    saya penggemar landrover, dan sedang hunting short chasis seri 2.
    apabila ada info yang mau di jual, tolong info2 ke 0811803892

    regards,
    ronald

  8. Bisakah saya bergabung. Saya pernah punya series,sekarang mau cari lagi.Adakah seri3long wagon or conti. Kalo bisa plat jakarta dan surat komplit. Please callmedi 0811112615. tx edy pras.

  9. Om Medy, silahkan kirimkan email ke alamat mailing list yang ada di artikel ini. di situ, ada banyak penggila Landy yang siap untuk membantu om. Seringkali juga ada yang menjual peliharaannya. Hahahaha… Soal harga, ya harga temen deh… Ditunggu ya… Salam Solihull…

  10. Ikut gabung om, saya mulai belum lahir di dunia sudah naik landy, alias masih dalam kandungan. Hobby babe keterusan sampai ke anak-anak nya. Nah saya salah satu anak Babe yang punya landy, ada yg py 1, 2, bahkan > 4. kompak

  11. Halo Om Budhy. Salam kenal, silahkan bergabung dengan kawan-kawan lain di sini. Mari kita lestarikan Panci bermesin ini. Hahahaha…

  12. Salam kenal dan selamat memiliki landy baru! gabung aja di LRCB, cari di google alamatnya om.

  13. salam kenal smua , saya baru mau ingin punya landy nih . mo nanya ni saya lagi mundur maju ada yg nawarin landi seri 2a , masalahnya di cek oli air smua . kata si empunya udah 4 taun seperti itu . kira kira ada kmungkinan ga ya bisakah mesin itu hidup lagi tampa ganti metal2 nya . maklum neken cost ni . plis info dong ……

  14. salam kenal buat semua, saya punya landy seri 2a tp mesinnya sudah amburadul rasanya, kebetulan ada yang nawarin mein landy V6 tp masih di dalam kabin mesinnya. saya pengen tau apa masih ada spare parts buat mein V6. Bila ada dimana saya bisa mendapatkannya? trus saya pengen mencocokan nomor mesin V6 itu letaknya dimana? Adakah yang bisa menolong saya? trims berat sebelumnya…

  15. Saya penggemar Landy, ingin gabung, saat ini saya punya 2 landy siap pakai.
    Bagaimana cara gabung, dan mhn info kalo ada acara supaya bisa ikut. thanks.

  16. Salam kenal buat semua, saya mempunyai landrover seri II dan V sayai ining gabung di komunitas ini, mohon informasinya, tengyu

  17. Salam kenal unk semua penggemar land rover,sampai saat ini sy blm punya landy,tp saya penggemar berat kendaraan inggris ini.Apakah sy bisa joint dengan penggemar yg lain.Semasa kecil pernah naek landy (punya sodara),sedihnya skrg nyari landy susah banget yg ada surat-2 sama mobilnya gak kompak,kalo ada yg bisa bantuin sy ucapkan banyak terima kasih, & dana yg tersedia jg lagi sy kumpulin,maklumlah cuma pegawai kecil,tapi pengen punya LAND ROVER THE BEST 4X4,mudah-2an mimpi sy terkabul.Ini e-mail sy:tomsver@rocketmail.com, thank’s before.

  18. Mudah-mudahan mimpinya lekas terwujud ya mas… Kami bantu doa. Gabung aja di milis. Banyak info soal Landy di situ. Salam kenal!

  19. salam kenal utk semua kawan pecinta landrover,sy berada di jember jawa timur,ingin menawarkan trailer landrover kuno.mungkin kawan2 ada yg berminat bisa hub saya di 03313414567.kalau kata teman yg ngerti brgnya masih original.trims boleh bergabung disini ya.

  20. Salam kenal buat semua penggemar the best 4×4 far way.
    Saya ingin segera bergabung dengan team Landy yang ada, namun sebelumnya bolehkah saya diberikan saran untuk bisa mendapat 1 unit Landy SWB/LSB yang tidak harus selalu siap jalan (Bakalan juga boleh). So far saya tinggal di daerah sekitar Bekasi.

  21. mau tanya saya punya landrover tp mesin dah isusu.lebih enak mana perawatan aslinya sama isusu dan sperparnya

  22. OOm, Ada penjelasan, cara pasang gardan salisburry serie 3, dan GB dan TC seri 3, ke dalam serie 2. Tengkyu ya OOm….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s