Landong Sudah Mulai Dikerjakan

landong

Tadi aku sempat singgah ke bengkel. Ternyata sejak 3 hari belakangan ini si Landong sudah dikerjakan. Si tukang catnya sudah mulai mendempul-dempul semua. Terutama bagian body samping dan belakangnya. Sudah terlihat rada rapi tadi.

Cuma, ada satu yang bikin rada kecewa. Tutup tangki BBM nya tidak jadi dikembalikan ke kondisi orisinal. Si Abang tukang bengkel bilang dia tidak sempat mengerjakannya. Memang, tingkat kesulitan merestorasinya memang cukup lumayan karena plat aslinya sudah dirobek sama si pemilik sebelumnya.

Tadi juga aku sempat belanja dua kaleng dempul ke toko cat. Hmmm… harga bahan-bahan sudah mulai merangkak naik. Sekaleng dempul 4 kg tadi masih dihargai Rp 67.500, tapi per 1 Desember nanti naik menjadi Rp 75.000. Begitu juga dengan cat. Semua sudah merangkak naik. Hmmmm… kalau gitu ini mesti dikerjakan selekasnya. Jangan nanti keburu naik semua harganya dan biaya pengecatan menjadi semakin bengkak.

Mudah-mudahan si Landong bisa kelar setidaknya dalam waktu 3 pekan ini. Yah, mudah-mudahan!

Sabtu (29/11) sore tadi aku singgahin lagi ke bengkel. Si abang tukang cat terus bekerja seolah tanpa istirahat. Kayaknya, dia mau kejar target biar cepat kelar. Untunglah, sepertinya kerjanya cukup rapi. Terlihat dari cara dia mendempul. Tadi dia pesan supaya dibelikan ampelas dan epoxy. Ntar Senin pasti aku anterinlah. Semakin cepat kelar, semakin baik kan!

Senin (1/12). Si Landong masih terus dikerjakan. Tadi aku anterin epoxy primer dua kaleng, ampelas 2 lembar, dan 5 liter thinner. Body bagian belakangnya sudah hampir mulus. Tinggal fender kiri-kanan depan yang belum dibuka dan diketok ulang. Jadi si tukang catnya belum bisa mendempul bagian itu. Mungkin hari ini dia akan epoxy ulang seluruh body belakang Landong untuk melihat kerataan dempul yang dikerjakannya. Secara kasat mata memang sudah hampir rata. Tapi rata tidaknya nanti itu akan ketahuan setelah diepoxy. BTW, harga bahan-bahan pengecatan memang sudah naik semua. Epoxy primer merk Danagloss sekarang dihargai Rp 85.000 dari harga sebelumnya hanya di kisaran Rp 65 ribuan. Thinner special literan yang tadinya Rp 9.000/ liter menjadi Rp 11.000,-

Perkiraanku, dempul masih akan kurang sekitar 2 kaleng @ 4 kg lagi. Begitu juga dengan epoxy-nya (karena aku minta diepoxy luar-dalam). Soal cat, total keseluruhan nanti sedikitnya akan membutuhkan 4 kaleng cat untuk penyiraman cat luar-dalam). Artinya, biaya akan membengkak jauh! Inilah risikonya. Aku jadi teringat tadi omongan si abang tukang cat,”Biaya renovasi pasti akan lebih mahal dari harga beli mobilnya.” Benar juga memang. Sampai sekarang, proses rebuild belum selesai, biaya yang dikeluarkan memang sudah melewati harga beli Landong. Begitulah hobby!

Tadi malam aku juga sempat kirim-kirim pesan dengan seorang teman Landy mania di Surabaya. Dia menawarkan satu gelondongan gearbox Land Rover Series 3 Military. Gearbox ini tadinya nempel di Series 3 yang sudah diganti mesin dengan Diesel Toyota. Penawarannya murah meriah. Hanya saja, mungkin ongkos kirimnya ke Medan akan mahal. Belum lagi aku mesti membeli gardan belakang punya The Series biar sinkron dengan yang di depan (sekarang gardan belakang si Landong pakai punya Chevrolet Luv). Belum lagi pembuatan adaptor dan ongkos pemasangan gearbox itu biar bisa dikawinkan dengan mesin Isuzu C240 (C224?) punya Chevrolet Luv yang sekarang menjadi nafas si Landong. Sedikitnya mungkin akan menelan biaya Rp 2 jutaan.

Pening ah! Hehehehe…

2 thoughts on “Landong Sudah Mulai Dikerjakan

  1. Memang Mas Denny, kalau sudah hobi, berapa pun duit yang keluar sudah nggak kehitung lagi besarnya.

    Wah pengin ngelihat gimana si Landong nanti jadinya, …?

  2. bang deny aku juga lagi punya proyek yang sama dengan bang deny…anati kalau sudah klar saya pengen jalan bareng untuk uji coba…saya tunggu khabarnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s