CNN: Taliban “Ceraikan” al Qaeda

Berita mengejutkan datang dari Afghanistan. Menurut laporan media asal AS, CNN, kelompok Taliban berusaha memisahkan diri dari al Qaeda. Mereka bahkan mengupayakan perundingan damai melalui perantara pemerintah Arab Saudi.

Sebuah sumber yang dikutip CCN, Selasa (7/9) melaporkan, Raja Abdullah dari Arab Saudi mengadakan pertemuan dengan pemerintah Afghanistan dan Taliban untuk membicarakan gencatan senjata.

Taliban gencar melancarkan serangan terhadap pasukan koalisi AS setelah tersingkir dari pemerintahan Afghanistan menyusul invasi AS dan antek-anteknya pada 2001. Pemerintahan Taliban saat itu digulingkan karena dituduh menyembunyikan bos al Qaeda Osama bin Laden setelah serangan 11 September.

Kini, Taliban terlibat pembicaraan damai empat hari dengan Raja Abdullah sebagai tuan rumahnya. Ini pertama kali ada pembicaraan yang mengarah ke upaya mengakhiri pertumpahan darah.

Menurut sumber itu, buron pemimpin Taliban Mullah Mohammed Omar tidak hadir dalam pertemuan. Tetapi, sejumlah utusannya menegaskan Mullah sejak lama tidak lagi berkaitan dengan al Qaeda.

Sebuah sumber di Saudi yang mengetahui pembicaraan damai itu mengatakan pemerintah Saudi serius mengupayakan perdamaian di Afghanistan. Pertemuan kedua dijadwalkan berlangsung dua bulan mendatang.

Keterlibatan pemerintah Saudi dalam pembicaraan damai dipandang sebagai kecemasan Saudi akan masuknya pengaruh Iran di Afghanistan. Hal sama dilakukan Presiden Mahmoud Ahmadinejad di Irak menyusul kegagalan AS menciptakan situasi kondusif di sana.

Sejumlah sumber di Afghanistan yang dekat dengan aktivitas Iran menyebut para pejabat dan diplomat Iran gencar berinvestasi bisnis dan membangun fasilitas pendidikan di Afghanistan. Itu sebagai upaya melobi para politisi di Kabul. (Kompas-CNN)

Pertanyaannya: Apa mungkin Taliban pisah ranjang dari al Qaeda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s