Lomba Menulis dan Fotografi Berhadiah 100 Juta Rupiah

KabarIndonesia – Di Indonesia, laju kerusakan hutan mencapai 3,8 juta hektar per tahun. Ini berarti dalam semenit terdapat 7,2 hektar hutan yang rusak. Dari tutupan hutan Indonesia seluas 130 juta hektar, menurut World Research Institute, 72 persen hutan asli Indonesia telah hilang. Berarti hutan Indonesia hanya tinggal 28 persen saja. Untuk itu, semua pihak dituntut dapat memberikan kontribusi dan partisipasi aktif bagi perbaikan hutan Indonesia.

Kondisi semacam ini apabila tidak disikapi dengan arif dan segera dilakukan upaya-upaya penyelamatan oleh pemerintah dan seluruh warga negara Indonesia, maka dalam jangka waktu dua dasawarsa yang mendatang ini, Indonesia sudah tidak akan memiliki hutan lagi.

Penebangan hutan secara berlebihan tidak hanya mengakibatkan berkurangnnya daerah resapan air, abrasi, dan bencana alam seperti erosi dan banjir, tetapi juga mengakibatkan hilangnya pusat sirkulasi dan pembentukan gas karbon dioksida (CO2) dan oksigen (O2) yang diperlukan manusia untuk kelangsungan hidupnya.

Dalam catatan Greenpeace, sebuah LSM dunia menyebutkan, bahwa untuk kelestarian alam, angka deforestasi (penggundulan hutan) Indonesia pada tahun 2000-2005 yang hanya mencapai 1,8 juta ha per tahun, memang masih di bawah Brasil yang menempati urutan pertama dengan kerusakan 3,1 juta ha per tahun, dan merupakan kawasan deforestasi terbesar di dunia.

Namun karena luas wilayah hutan di Indonesia yang jauh lebih kecil dari Brasil (Indonesia luas hutannya sekitar 120,35 juta ha, Brasil 477,698 juta ha, maka laju deforestasi Indonesia 2 persen per tahun, lebih besar dibanding Brasil yang hanya 0.6 persen). Jika rekor ini terus bertahan, Greenpeace memprediksi dalam lima tahun sejak data ini dipublikasikan, hutan Indonesia akan habis. Bisakah kita hidup tanpa hutan, gersang, gundul? Tentu saja tidak. Ketergantungan manusia pada hutan bagaikan dua sisi mata uang.

Kejahatan illegal logging akan terus terjadi di negeri ini sebagai hukuman atas ketidakberdayaan kita. Kita semua juga jauh dari rasa aman dan nyaman hidup di negeri sendiri. Sekarang, pilihan ada pada kita sendiri, mau jadi negara hukum yang menjunjung tinggi supremasi hukum lewat penegakannya, atau justru menjadi negara yang dihukum dan dicap sebagai perusak hutan tercepat di dunia. Tidak malukah kita?

Dalam rangka menyikapi kondisi real kerusakan hutan yang amat parah di negeri tercinta ini, Yayasan Peduli Hutan Lestari (YPHL) bekerja sama dengan Harian Online KabarIndonesia (HOKI), www.kabarindonesia.com mengadakan sebuah program berbentuk Lomba Menulis dan Fotografi dengan thema utama

“Membangun Kepedulian Terhadap Kelestarian Hutan”.

Tujuan dan Hasil yang Diharapkan
Lomba Menulis dan Fotografi kali ini diadakan untuk memperebutkan Achmad Kalla Excellence Awards sebagai seorang pengusaha yang sangat peduli terhadap lingkungan hidup maupun pelestarian hutan.

Tujuan utama dari lomba ini adalah untuk menginspirasi semua kalangan, baik akademisi, ekonom, politisi, birokrat, mahasiswa/ siswa, pendidik, dan masyarakat umum, untuk sama-sama memikirkan cara-cara strategis bagi kelestarian lingkungan hidup dan kelestarian hutan itu sendiri demi kelangsungan kehidupan bagi umat dunia dan khususnya bagi perbaikan kehidupan rakyat Indonesia.

Hadiah dan Penghargaan
Juara 1 : Uang tunai Rp 20.000.000,- + Trophy + Notebook
Juara 2 : Uang tunai Rp 15.000.000,- + Trophy + Notebook
Juara 3 : Uang tunai Rp 10.000.000,- + Trophy + Kamera
Juara Harapan 1, 2 dan 3 masing-masing Rp. 1.000.000,- + Sertifikat

Persyaratan lengkap mengenai lomba menulis dan fotografi dapat dilihat di:

http://www.lomba-nulis.blogspot.com/

http://photo-competition.blogspot.com/

Lihat iklan kami di Harian Kompas: Selasa tgl 16 September 2008.
Jadi, tunggu apa lagi, segera wujudkan impian anda untuk mendapatkan hadiah tersebut di atas melalui Yayasan Peduli Hutan Lestari (YPHL) dan daftarkan diri anda sebagai Peserta sekarang juga! Tinggal klik saja “Daftar Jadi Penulis” di
www.kabarindonesia.com

Selamat Berlomba!

Yayasan Peduli Hutan Lestari (YPHL)
Panitia Lomba Menulis dan Fotografi, Graha MIK Lt. 8 – Taman Perkantoran Kuningan, Jl. Setiabudi Selatan Kav. 16-17 – Jakarta 12920 – Indonesia, Tel.: +62-21 5794 1809, Fax: +62-21 5794 1811, Email: info@kabarindonesia.com

 
 
 

 

One thought on “Lomba Menulis dan Fotografi Berhadiah 100 Juta Rupiah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s