Ayo ke Danau Toba!

Meski Sumatera Utara tidak masuk dalam Visit Indonesia Year 2008 sebagai salah satu daerah tujuan wisata, namun pemerintah Provinsi Sumatera Utara tetap bersemangat menggelar Pesta Danau Toba 2008 pada 13 -16 Juni.

 

Pemprovsu berharap, penyelenggaraan PDT 2008 bisa memulihkan citra kepariwisataan Sumut setelah tidak lagi menjadi daerah tujuan utama pariwisata Indonesia,

 

“Citra Danau Toba yang menjadi ikon Sumut harus dipulihkan dan salah satu caranya melalui pagelaran Pesta Danau Toba tahun ini,” kata Ketua Badan Pariwisata Daerah (Bawisda) Sumut, Henry Hutabarat, usai rapat membahas kesiapan pelaksanaan program itu, Jumat.

Menurut Henry, tidak masuknya Sumut dalam Visit Indonesia Year 2008 sangat menyedihkan dan harus menjadi pelajaran seluruh elemen. Melalui PDT itu, diharapkan kejayaan pariwisata Sumut era tahun 1990 an bisa diraih kembali secara cepat dan Sumut masuk dalam VIY.

Dijelaskannya, kegiatan PDT yang dipusatkan di kota turis Parapat, melibatkan tujuh daerah tingkat dua yang mengitari Danau Toba, yakni Kabupaten Simalungun, Toba Samosir, Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Karo, dan Dairi, Kota Medan sebagai pintu gerbang utama menuju daarah pariwisata itu juga akan dilibatkan.

 

“Bawisda yang dipercaya untuk menggelar ‘event’ itu berupaya menjadikan Pesta Danau Toba itu diminati turis dan wisatawan lokal dan pada akhirnya diminati lagi sebagai tujuan pariwisata,” katanya.

Henry meminta seluruh elemen masyarakat, utamanya pelaku pariwisata di Sumut untuk bersatu menyukseskan kegiatan itu, karena hal itu menjadi salah satu penentu berkembangnya pariwisata Sumut ke depan. (antara)

3 thoughts on “Ayo ke Danau Toba!

  1. Kalau ingin mendapatkan efek positif kerja besar seperti ini panitia sebaiknya mengundang media massa besar seperti CNN, BBC, AlJazeera, Times dll, selain media lokal tentunya. Media-media itu yang jadi referensi para perencana, pelancong dan pegiat wisata tingkat dunia.

    Kunci kesuksesan destinasi-destinasi wisata populer dunia saat ini bukan lagi hanya faktor keindahan destinasi tersebut maupun kalender even-even yang diadakan tetapi: promosi, keamanan dan akses.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s