Beberapa Daerah Sumut Berpotensi Hujan Es

Warga Sumatera Utara diperingatkan untuk waspada. Pasalnya, hujan es diprediksi akan terjadi di Kabupaten Dairi, Karo, Simalungun, Tobasa, Tapanuli Utara, Deliserdang dan Kota Medan sekitarnya di sekitar April hingga Juni 2008.

Fenomena ini terjadi disebabkan adanya kecenderungan penyimpangan beberapa parameter cuaca yang akan terjadi, di antaranya adalah peningkatan suhu udara dan kelembaban udara serta ketidakstabilan udara (Labilitas) yang sangat tinggi. Ketiga indikator tersebut membuat pembentukan awan menjulang tinggi (Cumulonimbus/CB) semakin aktif. Adanya hujan es karena di dalam awan yang menjulang tinggi terdapat butiran es yang sangat dingin sampai naik keketinggian lebih dari 8 km. Butiran ini sewaktu turun bersama hujan tidak sampai mencair karena suhu udara di sekitarnya lebih dingin dari di dalam awan, sehingga sampai di darat butiran es tetap membeku.

Hujan es terjadi umumnya pada siang, sore hari hingga menjelang malam. Tanda-tanda terjadinya hujan es dimulai dan disertai dengan petir/kilat yang kuat dan kadang kala disertai angin kencang (puting beliung), sehingga dapat berdampak kerusakan diberbagai sektor antara lain, pertanian, perkebunan, perumahan warga, kelistrikan, dan sebagainya.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Kepala Badan Informasi dan Komunikasi Provinsi Sumatera Utara mengingatkan agar Pemerintah Kabupaten/Kota melalui Satlak PB Kabupaten/Kota meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan untuk mengantisipasi secara dini terhadap fenomena alam ini. Saat hujan es terjadi, masyarakat diimbau untuk menghindari tempat terbuka (tanah lapang, sawah), juga melindungi kepala dari kejatuhan butiran es.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s