Protes Fitna, Bendera Belanda Dibakar

Film Fitna hasil karya anggota Parlemen Belanda Geert Wilders terus menuai protes. Rabu (2/4) siang, sekitar 40 an mahasiswa dari Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam Sumatera Utara melakukan aksi demonstrasi ke kantor Konsulat Jenderal Belanda di Jalan Monginsidi Medan.

Aksi yang dilakukan tepat di siang bolong itu cukup singkat, namun, cukup anarkis. Beberapa kaca jendela bangunan pecah akibat terkena lemparan batu. Tidak satupun perwakilan dari konsulat datang menemui mahasiswa.

Massa mahasiswa setibanya di depan kantor Konsulat langsung menggelar orasi singkat. Usai orasi, mahasiswa mulai mendorong-dorong pagar bangunan. Didorong oleh sekian banyak orang itu, pagar rusak. Massa lalu menerobos masuk dan mulai melempar. Entah bagaimana, massa juga menurunkan Bendera Belanda yang terpasang di tiang bendera di halaman konsulat. Petugas intel polisi dari Mapolsek Medan Baru melihat aksi itu tidak dapat berbuat banyak.

Setelahnya, massa lalu membakar ban bekas, termasuk juga bendera yang diturunkan itu. Aksi itu sempat membuat lalu lintas di Jalan Monginsidi Medan macet total. Massa lalu melakukan aksi duduk.

Tak lama, Polisi Kota Besar (Poltabes) Medan menurunkan satu truk personil dari Samapta. Polisi bergerak cepat, hampir seluruh massa atau sebanyak 30 orang lalu ditangkapi. Mereka dibawa ke Poltabes Medan untuk dimintai keterangan dan sekaligus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Sampai sekitar pukul 14.00, polisi masih berjaga-jaga di Kantor Konsulat itu.

5 thoughts on “Protes Fitna, Bendera Belanda Dibakar

  1. Cara protes seperti ini cuma membuat yang diprotes dapat keuntungan “mega promosi” popularitas secara gratis….Saya yakin di Belanda sana Tn. Wilders ini akan makin populer dan akan terpilih lagi di pemilu lokal yad. Siapa yang mengenal Wilders sebelum ini? Sekarang dia menjadai terkenal di seluruh dunia.

    Harusnya kita bisa melakukan protes dengan cara yang lebih efektif dan tidak terpancing dengan “umpan” murahan orang-orang seperti ini.

  2. Setuju bang. Aku pun tak sepakat dengan cara-cara anarkis seperti ini. Apalagi mereka adalah mahasiswa. Hati boleh panas, tapi kepala tetap dingin. Harusnya begitu.

  3. apa ada ya mamfaatnya bakar bendera, bagus biaya tuk beli bendera itu beli in susu trus kasih ma bayi2yang kurang gizi. bertindak yang yng relistislah. kita gak usah ibarat katak dalam tempurung

  4. Aksi kekerasan yang ditunjukkan oleh sebagian orang akan hanya menambah klip pembuat film tersebut. Wakakak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s