Ini Nomor Kami!

“Dua itu victory! Victory! Kemenangan!” Merekapun beramai-ramai menyerukan koor,“Triben! Triben!” Tepuk tangan pun membahana.

Begitulah reaksi para pendukung dan anggota tim kampanye pasangan Cagubsu Tri Tamtomo-Benny Pasaribu ketika mengetahui jagoan mereka mendapatkan nomor urut 2 saat pengundian yang digelar KPU Sumut di Hotel Madani Jalan SM Raja, Medan, Rabu (20/2).

Sejak siang kemarin, masing-masing pasangan Cagubsu sudah mengantongi nomor keberuntungan masing. Pasangan Umri-Maratua bernomor urut satu, Tri Tamtomo-Benny dua, RE Siahaan-Suherdi tiga, Wahab-Raden Syafii empat, dan Syamsul-Gatot bernomor urut lima.

Pengundian nomor itu memang menarik perhatian warga kota. Selain anggota tim kampanye, tidak sedikit masyarakat awam datang karena ingin melihat pasangan jagoan mereka. Pengunjung yang tidak memiliki undangan dan pengenal khusus tidak diizinkan masuk. Mereka hanya bisa berdiri di luar lokasi acara. Polisi siaga penuh di lokasi acara.

Saking ramainya, lahan parkir Hotel Madani yang terletak di basement tidak mampu menampung kendaraan pengunjung. Tidak sedikit pengunjung memarkirkan kendaraannya di pinggiran Jalan Amaliun dan Yuki Simpang Raya.

Pengundian nomor urut didahului penetapan kelima pasangan itu menjadi calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Acara itu disaksikan segenap anggota KPU se-Sumut, Gubsu yang diwakili Sekdaprovsu Drs Muhyan Tambuse, pimpinan partai politik, pasangan calon beserta tim kampanye, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan David Susanto dan unsur Muspida.

Pasangan yang pertama kali mencabut nomor yang telah disediakan dalam sebuah wadah kaca tertutup adalah pasangan Wahab-Raden Syafii. Lalu diikuti Umri-Maratua, RE Siahaan-Suherdi, Tri Tamtomo-Benny, dan Syamsul-Gatot. Kelima nya tidak boleh langsung membuka nomor yang diperolehnya. Mereka dipersilahkan kembali ke tempat masing-masing.

Lalu, anggota KPU Sumut Jumiran Abdi yang memandu acara itu, meminta mereka membuka kertas bertuliskan nomor. Momen ini pun menjadi “santapan lezat” para juru foto yang bertugas. Kemudian suasana yang dikisahkan di awal tulisan ini pun terjadi.

Keriuhan juga merebak dari pendukung Syamsul-Gatot. Tak mau kalah, mereka mengekspresikan kegirangan karena mengetahui pasangan yang dijagokan mendapat nomor urut lima. Mereka meneriakkan nama Syamsul-Gatot seraya menunjukkan kelima jarinya seolah melambaikan tangan.

Pendukung RE Siahaan-Suherdi tidak kalah ramai. Setelah mengetahui pasangannya mendapat nomor urut tiga, mereka spontan mengancungkan tangan dengan menyembunyikan jari tengah dan jari manis. Alhasil, yang tampak hanya ibu jari, telunjuk, dan kelingking. Momen ini mengingatkan kembali lambang “metal” yang digemari generasi 90-an.

Kegembiraan juga tampak pada pendukung pasangan Umri-Maratua dan Wahab-Raden Syafii. Selain bertepuk tangan saat jagoannya menunjukkan nomor yang diperoleh mengancungkan tangan. Pendukung Umri-Maratua mengancungkan jari telunjuk, sedangkan pendukung Wahab-Raden Syafii menunjukkan angka empat dengan jarinya. (dituliskan ulang berdasarkan laporan Teja Purnama, wartawan Harian Global)

3 thoughts on “Ini Nomor Kami!

  1. Selama ini sumut sudah dipimpin orang Melayu, Toba, Mandailing/Angkola, Karo, Aceh, Nias.

    Ini saatnya orang jawa diberi kesempatan memimpin…

    Horas Sumut…

    Horas Jenderal…

  2. Bah… bah… maup. Nunga jea hita on bah! Ai molo boi halak hita ma ta pillit Abang! Asa lam maen Sumut ton!

  3. Adik,

    pengalaman mutakhir menunjukkan suku-suku pendatang biasanya lebih termotivasi untuk berprestasi di tempat perantauannya. Putera daerah sendiri setelah menduduki kekuasaan cenderung berpikir kekuasaan itu memang sudah menjadi haknya akaminya. Jadi tidak perlu membuktikan apa-apa.

    Memang tidak semua putera daerah seperti itu. Mudah-mudahan kamu tidak begitu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s