Israel Minta Beatles Lupakan Kesalahan 1965

Israel meminta maaf pada kelompok band Beatles. Permohonan maaf ini merujuk pada insiden pembatalan konser Beatles pada empat dekade lampau. Kini, Israel meminta agar anggota band yang tersisa bermain dalam perayaan hari jadi ke-60 negara itu.


Permohonan Israel ini tak ubahnya salah satu hits Beatles yang dikenal di seluruh dunia: Let It Be (Membiarkan yang Terjadi).

Israel berencana mengirimkan surat permohonan maaf kepada dua anggota band asal Inggris yang tersisa sekaligus kerabat anggota lainnya yang telah wafat karena membatalkan konser pada 1965, sebut seorang pejabat kedutaan Israel di London.

“Kami ingin mempergunakan kesempatan ini untuk memperbaiki peluang yang terlewatkan pada 1965 saat Anda diundang ke Israel,” ungkap suratkabar Yediot Aharonot mengutip surat tersebut.

“Sayangnya Israel terpaksa membatalkan pertunjukan Anda akibat kurangnya anggaran dan karena banyak politisi di Knesset yakin jika penampilan Anda saat itu dapat merusak pikiran pemuda Israel,” tambahnya.

Duta Israel untuk Inggris, Ron Prosor, dijadwalkan bertemu Julia Baird, saudari John Lenon, pada Senin (28/1) saat berlangsung sebuah kunjungan ke daerah asal Beatles di Liverpool, ungkap jubir kementerian asing Arye Mekel kepada media.

Diperkirakan, ia akan menggunakan kesempatan itu untuk mengundang anggota band yang tersisa untuk bermain dalam perayaan hari jadi ke-60 Israel pada Mei, jelas Yediot.

Sejumlah salinan surat tersbut akan dikirimkan kepada Paul McCartney dan Ringo Starr, serta kerabat George Harrison.

“Tidak ada keraguan jika kegagalan konser empat dekade lalu merupakan kesempatan yang terlewatkan untuk mencegah orang-orang seperti kalian yang membentuk pola pikir anak muda. Datanglah ke Israel dan tampil di hadapan generasi muda di Israel yang mengagumi kalian dan akan tetap mengagumi kalian,” sebut surat itu. (wire/glob)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s