Anda Ramah? Awas Gemuk Mengancam!

Orang-orang mengatakan Anda ramah? Jangan senang dulu. Karena bahaya kegemukan bisa jadi mengancam Anda. Setidaknya begitulah kesimpulan penelitian yang dilakukan sekelompok ilmuwan Jepang.


Mereka meneliti kaitan antara kepribadian dan berat badan. Terungkap, orang ramah cenderung kelebihan bobot alias gemuk, sedangkan orang yang sering merasa cemas kemungkinan besar berbadan kurus.

Lebih dari 30.000 orang berusia 40 hingga 64 tahun di Jepang timurlaut diberi pertanyaan seputar tinggi dan berat badan, serta tes kepribadian, seperti disebutkan sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Psychosomatic Research bulan ini.

Hasilnya menunjukkan, orang ramah jauh lebih berpotensi memiliki indeks massa tubuh (BMI) di atas 25 dibandingkan orang lain, sebut Masako Kakizaki dari Tohoku University yang memimpin analisis tersebut. BMI merupakan sebuah standar kegemukan yang banyak digunakan.

Setelah mengawasi beberapa faktor lain, seperti merokok, pria yang termasuk dalam kategori paling ekstrover 1,73 kali lebih berpotensi mengalami kegemukan dari pada rekan-rekan mereka yang introver. Sementara wanita ekstrover 1,53 kali.

Sedangkan orang-orang yang tergolong sering merasa cemas dua kali lebih berpotensi kurus atau memiliki BMI kurang dari 18,5, ungkap studi tersebut. “Hasil ini dapat dijadikan petunjuk untuk menemukan upaya untuk mencegah kelebihan berat badan, obesitas atau kekurangan berat badan,” jelas para peneliti dalam studi mereka.

 

 

One thought on “Anda Ramah? Awas Gemuk Mengancam!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s