Mau Pemanas Murah? Gunakan Aja Suhu Tubuh!

Sebuah perusahaan Swedia mencoba merekayasa alat pemanas ramah lingkungan dan murah meriah di salah satu kantornya. Sumbernya: suhu tubuh manusia. Sumber panas tersebut berasal dari jutaan penumpang yang memadati stasiun kereta api pusat Stockholm.


Panas tubuh manusia sudah cukup menghangatkan stasiun ini, namun belakangan ini udara di sana kian menipis dan akan diarahkan kembali untuk menyediakan sebanyak 15 persen panas di dalam bangunan berkantor seluas 4.000 meter persegi, jelas perusahaan real estat ini, Jernhusen.

“Kami sudah meneliti dan menilai hal itu bisa dilakukan. Itu cukup lumayan. Selain memberi udara agar panas bisa keluar, kami memastikan panas itu bisa berguna juga,” ujar Karl Sundholm, pemimpin proyek di Jernhusen yang juga pemilik stasiun kereta api ini. Panas tubuh itu nantinya juga akan “dimanfaatkan” untuk memanaskan air.

Jernhusen memasarkan bangunan “ramah lingkungan” dan bertujuan menggunakan energi setengah dari yang biasa dibutuhkan bangunan pada umumnya.

Investasi ini akan menelan biaya sekitar 200.000 crown Swedia (US$ 31.200), tambah Sundholm. “Alat ventilasi menggerakkan panas itu, dan bahkan juga beberapa pipa. Apa yang kami butuhkan adalah keseimbangan pipa dan pompa-pompanya,” katanya. Tidak dijelaskan kapan proyek ini akan selesai. (wire/glob)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s