Badai Siklon Sapu Bangladesh, 1.100 Tewas

Bantuan Gajah

Badai siklon yang menghantam Bangladesh telah menewaskan sedikitnya 1.100 orang di selatan dan juga memutus jalur darat ke Bangladesh, namun pada Jumat badai ini bergerak ke pedalaman dan mulai melemah, sebut para pejabat.

Menurut Nahid Sultana, pejabat pengendali badai di Dhaka menuturkan badai tropis Sidr ini mengamuk di sepanjang baratdaya pantai negara ini pada Kamis disertai hujan lebat dan ombak tinggi sehingga permukaan air naik 4 kaki yang merendam kawasan rendah dan pulau-pulau kecil lainnya.

Namun, pada Jumat pagi, badai ini mulai melemah saat bergerak ke timurlaut dengan kecepatan angin 37 mph, kata departemen ini.

Badai meratakan ribuan rumah dan pondok yang terbuat dari jerami, menumbangkan pepohonan, tiang listrik dan telepon serta menghancurkan sekian lahan pertanian dan peternakan ikan di 15 distrik berpantai, jelas para pejabat dan saksi mata.

Kawasan terburuk yang terkena bencana ini adalah di selatan Bangladesh di mana sebagian besar korban dilaporkan tewas tertimpa pohon atau bangunan lainnya. Sementara lainnya dilaporkan tewas tenggelam setelah kapal mereka terbalik di lautan, lanjut Sultana.

Pada Jumat, banyak daerah tanpa arus listrik dan telepon sementara jalanan, rel kereta api dan sungai tak bisa dilalui.

Listrik dan komunikasi di Dhaka juga melemah. Angin kencang menumbangkan pepohonan, memutuskan arus listrik dan telepon serta menumbangkan sejumlah papan iklan sehingga mencederai beberapa orang, ujar Ashraful Zaman, pejabat di pengendalian badai.

Sedikitnya 650.000 penduduk desa pada Kamis dievakuasi ke kawasan pantai di mana mereka mendapatkan sedikit bantuan, kata Ali Imam Majumder, pejabat senior pemerintah kepada wartawan di Dhaka.

Pada Jumat, pemerintah dan badan-badan relawan turun ke lokasi bencana dan sejumlah tim medis juga turut ke lokasi yang terimbas dengan mengirimkan makanan, obat-obatan, tenda dan selimut, tambahnya.

Bala bantuan ini sempat tertunda di dua pelabuhan, Chittagong dan Mongla di mana jasa kapal feri dan penerbangan belum bisa menjangkau kawasan berpantai.

Namun, badai tidak melintas di kawasan pantai timur, di mana pada Jumat saat itu cuacanya tenang. Departemen Meteorologi India memprediksi hujan lebat disertai banjir akan melanda Bengali Barat dan Orissa.

Bangladesh yang merupakan negara dengan beting yang rendah kerap mengalami bencana badai siklon musiman yang mengakibatkan jatuhnya korban dan kerugian harta benda dalam jumlah besar. Kawasan perbatasan pantai di timur India ini terkenal akan hutan bakau Sundarbans, sebuah situs peninggalan dunia yang menjadi habitatnya Harimau Bengal. Associated Press

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s