Minyak Kelapa untuk Campuran BBM Vespa

ADA banyak cara digunakan pengguna Vespa untuk berhemat komponen mesinnya. Satu di antaranya, menggunakan minyak kelapa (minyak goreng putih) sebagai oli campurannya!

Minyak goreng? Apa tidak salah? Tidak ada yang salah dalam kalimat di atas. Saya sudah mencobanya hampir enam bulan terakhir setelah disarankan oleh mekanik yang biasa menangani Vespa Excel tahun 1994 itu.

Informasi soal minyak kelapa menjadi campuran bahan bakar ini sudah lama saya dengar. Tapi saya tidak berani mencobanya. Sampai akahirnya si mekanik yang mencampurkan minyak kelapa itu ke dalam tangki minyak Vespa saya.

Setelah menggunakan minyak kelapa, terasa putaran mesin jadi lebih enteng. Si mekanik bilang, kerja pistonnya akan lebih lancar karena lubrikasi minyak kelapa lebih baik dari oli pabrikan. Dia sudah bertahun-tahun menggunakan minyak kelapa sebagai oli campuran. Dan sampai sekarang Vespanya tak pernah bermasalah.

Karena putaran mesin lebih ringan, otomatis tarikan akan lebih enak. Sesekali bisalah digeber hingga ke kecepatan 100 km/jam. Tapi saya tak berani untuk lebih kencang lagi. Tau sendiri bagaimana kinerja rem Vespa, kadang, hampir mirip dengan kinerja rem Land Rover. Suka berubah-ubah. Tak pernah konstan.

Di Vespa saya, sejak menggunakan campuran minyak kelapa ini, konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Mungkin karena putaran mesin lebih enteng, konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih hemat. Enaknya lagi, suatu kali saya coba periksa kondisi businya, ternyata bersih! Artinya, umur busi juga bisa lebih panjang dari sebelumnya.

Nah, bagaimana meraciknya? Soal perbandingan pencampurannya serupa saja dengan kalau Anda memakai oli campur pabrikan. Agar aroma asap tidak terlalu sengit (maklum, bau asap menjadi lebih tak enak awalnya), bisa dicampurkan sedikit oli campur pabrikan ke minyak kelapanya. Biar lebih gampang, saya isikan minyak kelapa ke sebuah botol bekas minuman keras yang modelnya gepeng. Isi botol itu hampir penuh (sekitar 3/4). Setelah itu, penuhkan botol dengan menambahkan oli campur pabrikan. Setelah itu dikocok, oli campur minyak kelapa siap untuk digunakan!

5 thoughts on “Minyak Kelapa untuk Campuran BBM Vespa

  1. minyak kepala sama minyak goreng beda lo bro.. kalo minyak goreng hampir semuanya dari minyak sawit. tapi kalo minyak kelapa yg tradisional semuanya 100% dari kelapa.
    kalau campuran minyak kelapanya berbanding 50:50 dengan oli pabrik bisa gak?

    kalo oli campur ( oli campur 2 tak) pabrik pake oli apa bro..?

  2. Salam. Benar, untuk campuran ini disarankan pakai minyak KELAPA, bukan minyak goreng dari SAWIT. Minyak KELAPA warnanya putih bening. Kalau mau dibikin perbandingan 50:50 dengan oli pabrikan sepertinya bisa-bisa saja. Yang selama ini saya lakukan, penambahan oli pabrik hanya untuk meredam aroma hasil pembakaran dengan menggunakan campuran minyak kelapa yang cenderung lebih sengit. Soal merk oli pencampurnya, bisa merk apa saja. Tak etis juga menyebutkan merk di sini, seperti iklan pula jadinya bro. Hehehehe…

    Hanya saja sebagai masukan, harga minyak KELAPA sekarang ini juga meroket. Kalau beli yang kemasan di pusat perbelanjaan modern bisa melebihi Rp 25 ribu untuk sekilonya. Kalau beli non branded di pasar tradisional di Medan masih dapat di bawah harga Rp 20 ribu. Jadi kalau dari segi ekonomisnya sepertinya beda tipis kalau kita menggunakan oli pabrikan. Hehehe…

  3. Saya mau bikin karya ilmiah tentang ini, mohon bantuannya ya. vespanya cuma make minyak kelapa campur oli aja, gak di tambahin bensin premium?

  4. Hai, maaf baru balas. Minyak kelapanya hanya sebagai pengganti oli campuran. Ya tetap pakai bensin premium dong mas :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s