Amazon Masih Menyimpan Suku Indian Primitif

Satu suku Indian Amazon yang merupakan salah satu dari suku yang terakhir kali tak tersentuh modernisasi dunia berhasil diabadikan dari udara. Tubuh mereka dibalur cat berwarna merah cerah dilengkapi dengan panah dan busur. Sejumlah foto dari udara mengenai suku ini sudah dirilis Kamis (29/5) lalu.

 

Foto-foto dari suku yang bermukim di dekat perbatasan antara Brasil dan Peru ini merupakan suku yang sangat langka. Seorang pejabat Brasil yang terlibat dalam ekspedisi tersebut mengungkapkan banyak dari mereka merasa marah akibat penebangan liar di hutan mereka.

 

“Apa yang terjadi dalam kawasan ini merupakan suatu tindakan kriminal terhadap dunia alam, suku fauna dan juga ‘peradabaan’ manusia yang mengancam dunia,” tegas Jose Carlos Meirelles sebagaimana dikutip oleh kelompok Survival International.

 

Salah satu gambar yang bisa kita saksikan adalah melalui situs Survival International (http://www.survival-international.org) yang menampilkan dua pria suku Indian yang dilabur warna merah cerah membidik panah berapi mereka ke pesawat pengintai, sementara yang lain tengah mengamati pesawat tersebut dengan terheran-heran.

 

Foto lainnya menunjukkan sekitar 15 orang suku Indian berada dekat gubuk kayu sangat primitif, di mana beberapa dari mereka tengah mempersiapkan panah berapi yang dibidikkan ke arah pesawat.

 

“Dunia harus menyadari hal ini dan memastikan bahwa wilayah mereka dilindungi oleh UU Internasional. Jika tidak mereka segera akan punah,” ujar Stephen Corry, Direktur Survival International yang mendukung keberadaan suku-suku di dunia.

 

Dari 100 lebih suku yang tak tersentuh peradaban modern di dunia ini, lebih dari setengahnya hidup di Brasil atau Peru, jelas Survival International. Dikatakannya, mereka semua mengungkapkan kemarahan mereka saat dipaksa hengkang dari tanah mereka. Sementara sebagian warga suku ini meninggal karena penyakit baru “tak dikenal”.

 

About these ads

5 thoughts on “Amazon Masih Menyimpan Suku Indian Primitif

  1. hhhmmmm I dont thing so,
    ternyata masih banyak suku primitif yg blum kita ketahui,
    begitu kaya dan sangat beragam .,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s